Tomat, Bukan Buah Biasa

By | 26 Mei 2017
Tomat, Bukan Buah Biasa

Tomat merupakan tanaman asli yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, terdapat di sepanjang Meksiko hingga Peru. Tanaman dari keluarga Solanaceae ini sering orang anggap sebagai sayuran walaupun strukturnya adalah struktur buah.

Buah yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi ini mempunyai manfaat luar biasa di bidang kecantikan, yaitu untuk mengecilkan pori-pori serta mencerahkan kulit. Keberadaan kolagen serta likopen dalam buah tomat menjadikan tomat mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit karena polusi, kerutan, panas matahari, dan juga secara keseluruhan bisa meningkatkan keremajaan kulit.

Kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral

Tomat adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan gizi tinggi dan Anda bisa memasukkannya ke dalam menu diet sehari-hari. Selain bisa meremajakan kulit Anda, tomat juga memiliki manfaat lain.

Tomat mempunyai kandungan likopen tinggi yang sangat efektif untuk mencegah kanker yang disebabkan karena radikal bebas. Aktivitas likopen pada tomat ini dapat membantu memerangi kanker dan sudah terbukti efektif untuk memerangi kanker serviks, kanker perut dan rektum, serta kanker prostat, juga kanker tenggorokan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Harvard School Public Health, likopen yang terdapat pada tomat juga sanggup untuk mencegah kanker payudara serta kanker mulut.

Selain karena kandungan antioksidannya yang tinggi, dalam satu tomat juga mengandung sekitar 40% vitamin C dimana Vitamin C ini merupakan antioksidan alami yang sanggup dalam mencegah dan melawan kanker yang disebabkan karena radikal bebas.

Tomat juga mengandung beberapa vitamin A serta potassium yang tinggi. Selain vitamin A, juga terdapat vitamin K. Vitamin K sendiri adalah vitamin yang diperlukan untuk mempercepat penutupan bekas luka yang berdarah.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan likopen yang terdapat pada buah timat memang tinggi ini memiliki fungsi untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks, kanker prostat, serta juga kanker perut. Likopen merupakan antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Seorang ahli dari American Institute for Cancer Research melaporkan bahwa makanan dengan kandungan likopen tinggi mempunyai kemungkinan untuk mencegah kanker prostat. Pada percobaan yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa tomat mempunyai kandungan likopen yang lebih tinggi jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Likopen merupakan antioksidan kuat yang sudah terbukti menjadi zat anti-kanker. Tomat yang diuji pada laboratorium ini sudah terbukti dalam menghentikan perkembangbiakan sel kanker, diantaranya kanker payudara serta kanker paru-paru.

Sekarang sudah tahukan manfaat luar biasa dari tomat? Kami merekomendasikan anda untuk selalu mengkonsumsi tomat setiap hari. Bagi anda yang tidak suka dengan buah tomat, bisa mengolahnya menjadi jus tomat yang segar dan dingin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *